Simple jQuery Slideshow from JonRaasch.com
Slideshow Image 1 Slideshow Image 2 Slideshow Image 3 Slideshow Image 4 Slideshow Image 5
Selamat Datang Mahasiswa Baru, Selamat Mengikuti Kuliah di Akbid Islam AlHikmah Jepara. Semoga mendapatkan ilmu yang Bermanfaat di Kampus Akademi Kebidanan Islam AlHikmah Jepara.

e-Jurnal

e-Jurnal » Ilmu Kebidanan
HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DENGAN DERAJAT RUPTUR PERINEUM PADA PERSALINAN NORMAL DI RSIA KUMALA SIWI PECANGAAN JEPARA
Diposting : Kamis 2013-10-24, 15:10:40 Oleh : Administrator

HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DENGAN DERAJAT

RUPTUR PERINEUM PADA PERSALINAN NORMAL

DI RSIA KUMALA SIWI PECANGAAN JEPARA

 

            Oleh :

Anik Sholekhah, S. SiT

(Dosen AKBID ISLAM AL HIKMAH JEPARA)

 

 

ABSTRAK

 

Masalah kesehatan reproduksi wanita yang sering dikeluhkan adalah keputihan, yang tak jarang sangat menganggu hingga menyebabkan ketidaknyamanan dalam melakukan aktvitas sehari-hari. Sebanyak 75% remaja putri di seluruh dunia minimal pernah mengunakan pembersih vagina yang digunakan secara rutin. Sedangkan di Indonesia ada sekitar 75% wanita indonesia mengalami masalah keputihan fisiologis minimal 1 kali dalam seumur hidup. Berdasarkan study pendahuluan, dan didapatkan 4 siswi yang menggunakan pembersih genetalia ekstena mengalami keputihan fisiologis saat menjelang dan sesudah menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan pembersih cairan genetalia dengan kejadian keputihan  pada siswi kelas X1 IPA di SMAN 1 Mayong  Jepara

            Jenis penelitian adalah analitik dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi SMA N 1 Mayong Jepara kelas XI yang sejumlah 156 siswi, dan sampel sebanyak 67 siswi pada kelas XI IPA dengan teknik  sampling jenuh. Data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara angket melalui kuesioner. Data diolah dengan editing, coding, scoring, tabulating dan analisa data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistic exact fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden tidak pernah menggunakan pembersih genetalia eksterna sebanyak 45 siswi (67, 2%), sebagian responden mengalami keputihan fisiologis sebanyak 58 siswa (86,6%). Hasil uji exact fisher (0,004) terdapat ada hubungan penggunaan pembersih genetalia ekterna dengan kejadian keputihan dengan keeratan hubungan (C:0,353)

            Di harapkan sebagai petugas kesehatan tetap memberikan informasi / pendidikan kesehatan kepada remaja putri mengenai kesehatan reproduksi khususnya bahaya penggunaan pembersih genetalia eksterna secara rutin dengan produk tertentu dapat menyebabkan keputihan.


Dibaca : 999 kali, Didownload : 0 kali