Simple jQuery Slideshow from JonRaasch.com
Slideshow Image 1 Slideshow Image 2 Slideshow Image 3 Slideshow Image 4 Slideshow Image 5
Selamat Datang Mahasiswa Baru, Selamat Mengikuti Kuliah di Akbid Islam AlHikmah Jepara. Semoga mendapatkan ilmu yang Bermanfaat di Kampus Akademi Kebidanan Islam AlHikmah Jepara.

e-Jurnal

e-Jurnal » Ilmu Kebidanan
HUBUNGAN SIKAP IBU TENTANG ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM DI RSIA KUMALASIWI PECANGAAN KABUPATEN JEPARA
Diposting : Kamis 2013-10-24, 15:09:44 Oleh : Administrator

HUBUNGAN SIKAP IBU TENTANG ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM

DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM

DI RSIA KUMALASIWI PECANGAAN

KABUPATEN JEPARA

 

Oleh :

 

ASMAWAHYUNITA, S.Kep

(Dosen AKBID Islam Al Hikmah Jepara)

 

ABSTRAK

 

Keluarga berencana merupakan salah satu program pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Diharapkan dengan ber KB jumlah kelahiran di Indonesia dapat di turunkan. Di Indonesia ada beberapa metode untuk ber KB yaitu metode PIL, INJEKSI, AKDR, IMPLAN dan kontrasepsi MANTAP.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap ibu tentang AKDR dengan pemilihan AKDR di DI RSIA KUMALASIWI. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel Dependen dan Independen. Pendekatan yang digunakan adalah croos sectional, sampel yang digunakan adalah Akseptor KB di DI RSIA KUMALASIWI sebanyak 140 responden. Analisa yang digunakan adalah uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden bersikap mendukung sebanyak 71 responden (50.7%) dan sebagian kecil responden memilih AKDR sebanyak 17 responden (12.1%). Ada hubungan antara sikap ibu dengan pemilihan AKDR dengan hasil p value 0,045.

Bagi tenaga kesehatan harus meningkatkan penyuluhan tentang KB terlebih lagi tentang AKDR sehingga akseptor KB memiliki sikap mendukung terhadap pemanfaatan KB AKDR, mengingat bahwa ada program ”SAFARI KB AKDR” tanpa dipungut biaya. Dan Puskesmas diharapkan dapat memberi pelayanan dan fasilitas yang memadahi bagi masyarakat yang ingin menggunakan AKDR.

 


Dibaca : 883 kali, Didownload : 0 kali