Simple jQuery Slideshow from JonRaasch.com
Slideshow Image 1 Slideshow Image 2 Slideshow Image 3 Slideshow Image 4 Slideshow Image 5
Selamat Datang Mahasiswa Baru, Selamat Mengikuti Kuliah di Akbid Islam AlHikmah Jepara. Semoga mendapatkan ilmu yang Bermanfaat di Kampus Akademi Kebidanan Islam AlHikmah Jepara.

e-Jurnal

e-Jurnal » Ilmu Kebidanan
HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN DISMENOREA REMAJA PUTRI DI SMA ISLAM AL-HIKMAH JEPARA
Diposting : Kamis 2013-10-24, 15:05:21 Oleh : Administrator

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN DISMENOREA REMAJA PUTRI DI SMA ISLAM AL-HIKMAH JEPARA

 

            Oleh :

MULASTIN, S. SIT, M. KES

(Dosen AKBID Islam Al Hikmah Jepara)

 

 

ABSTRAK

 

Di Indonesia angka kejadian dismenore sebesar 64.25 % yang terdiri dari 54,89% dismenore primer dan 9,36 % dismenore sekunder. Bagi sebagian wanita, menstruasi dapat membuat rasa cemas karena disertai rasa nyeri ketika menstruasi tiba. Salah satu faktor penyebab dari dismenorea adalah status gizi.  Berdasarkan studi pendahuluan dari 20 remaja putri di SMA NU AL-MA’RUF KUDUS, didapatkan 15 remaja putri yang mengalami nyeri haid saat menstruasi dan 2 remaja putri diantaranya dengan status gizinya normal, dan 13 remaja putri status gizi kurang, sedangkan 5 remaja putri yang tidak mengalami nyeri haid dengan status gizi kurang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan status gizi dengan kejadian dismenorea remaja putri kelas X di SMA ISLAM Al-Hikmah Jepara.

Metode dalam penelitian ini adalah analitik dengan Pendekatan Cross sectional Populasi sebanyak 201 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas X di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus sebanyak 134 responden dengan teknik Proportionet Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan metode observasi untuk menentukan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, sedangkan kejadian dismenorea dengan metode angket melalui kuesioner. Data diolah secara editing, coding, scoring, tabulating dan entry data. Dan dianalisa secara univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji statistik Exact Fisher dengan menggunakan program SPSS 12 for windows diperoleh p value : 0,687 dan nilai hasil uji Exact Fisher pada α : 0,05   yang menunjukkan exact Sig(2-sided) =  0,687 ( p value > 0,05). Sehingga p value > 0,05 menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada hubungan antara status gizi dengan kejadian dismenorea remaja putri di SMA Islam Al-Hilmah Jepara.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu remaja putri yang diketahui  sebagian besar responden dengan status gizi normal mengalami dismenorea primer sebanyak 69 responden (68,4%) sedangkan sebagian kecil status gizi gemuk juga mengalami kejadian dismenorea primer yaitu sebanyak 2 responden (1,9%).

Saran bagi remaja putri supaya dapat menjadi sumber informasi yang memberikan tambahan ilmu pengetahuan tentang dismenorea pada remaja putri dan status gizi bagi perkembangan dan pertumbuhan remaja.

 


Dibaca : 1305 kali, Didownload : 0 kali